Tips Bersih-Bersih Apartemen yang Jarang Ditempati

Tips bersih-bersih apartemen yang jarang ditempati ini bisa ditiru bagi Anda pemilik atau penyewa apartemen yang terlalu sibuk sehingga jarang tinggal di apartemen. Atau mungkin Anda juga baru saja ingin pindah ke apartemen kosong. Sebelum barang-barang dimasukkan, sebaiknya lakukan bersih-bersih dengan langkah berikut ini.

tips bersih apartemen jarang ditempati

Berikut Tips Bersih-Bersih Apartemen Jarang Ditempati

1. Mulai Dari Bagian Atas/ Tinggi
Pertama-tama perhatikan tiap ruangan mulai dari bagian atas/ tinggi seperti sudut plafon dan atap. Karena nanti debu-debu dari bagian atas akan jatuh ke bawah, jadi sebaiknya mulai membersihkan dari bagian tersebut. Setelah itu, baru bersihkan bagian lain seperti pada area dinding, jendela dan bagian rendah lainnya.

2. Membersihkan Dinding Apartemen.
Bersih-bersih apartemen yang jarang ditinggal seperti bagian dinding dan lantai cukup mudah. Anda bisa menggunakan botol semprot yang diisi air sabun hangat. Pakai lap bersih untuk mengelap bagian kotor tersebut. Bersihkan dinding dengan gerakan menyamping. Pakai lap yang agak kasar kalau memang dibutuhkan untuk kotoran dan debu membandel.

3. Bersihkan Kamar Mandi.
Salah satu bagian yang sebaiknya dibersihkan seperti exhaust fan, Memang bagian ini amat jarang dibersihkan karena banyak yang tidak terpikir untuk membersihkan exhaust fan seperti yang ada di dalam kamar mandi. Tapi tidak ada salahnya untuk membersihkan bagian tersebut.

Selain itu, bersihkan pula bagian dudukan toilet, kalau dudukan yang lama sudah terlalu kotor dan kotorannya membandel maka bisa pasang dudukan baru. Bersihkan pula bagian bak mandi kalau ada. Agar mudah dibersihkan, maka gunakan campuran pembersih dari garam dan baking soda, bersihkan dengan sikat.

4. Kabinet Dapur
Jika Anda baru pindah ke apartemen yang jarang ditinggali, maka sebelum mengisi dapur dengan peralatan piring maupun gelas, lebih dulu pasang pelapis di dalamnya. Jika ada noda yang susah dibersihkan buatlah campuran pembersih dari air dicampur baking soda kemudian bentuk jadi pasta. Gosokkan pasta tersebut ke bagian kabinet dapur yang mau dibersihkan, biarkan selama 10 menit baru dilap atau dibilas bersih dengan spons halus lembab, baru dikeringkan.

5. Membersihkan Bagian Yang Sudah Dijangkau
Di bagian-bagian apartemen pastinya ada area-area yang susah dijangkau seperti area yang tertutup lemari atau furniture lainnya. Untuk tips merawat apartemen yang jarang ditinggal ini maka Anda bisa gunakan alat pembersih dengan gagang yang panjang atau penyedot debu dengan sedotan yang kuat.

6. Bagian Yang Paling Sering Dipegang
Jika apartemen dulunya ditempati orang lain atau Anda yang menempati tapi sudah lama tidak dipakai, maka Anda tetap harus membersihkan bagian-bagian yang sering dipegang dulu. Contohnya seperti gagang atau handle pintu, tombol lampu, lemari es, bak cuci piring, keran air, dan lainnya. Hal ini karena pasti terdapat kuman-kuman yang sudah menumpuk di sana. Anda bisa memakai campuran deterjen dan air untuk membersihkannya. Solusi lebih alami lainnya, gunakan campuran cuka dengan baking soda.

7. Lantai
Terakhir adalah membersihkan bagian lantai, pastikan Anda memakai alat pel lembab, tapi bukan basah. Gunakan cairan pembersih pel lantai untuk mengepel semua jenis permukaan lantai. Anda juga bisa mencari tahu terlebih dahulu cairan pembersih lantai yang cocok digunakan untuk jenis lantai tertentu, misalnya jika lantai apartemen dari lantai kayu.

Itulah beberapa tips bersih-bersih apartemen yang jarang ditempati dan bisa Anda coba agar apartemen kelihatan lebih rapi dan nyaman ditinggali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.