Pentingnya Proporsi Dalam Desain Interior

Desain interior yang indah pada sebuah rumah tidak muncul begitu saja. Diperlukan sebuah konsep perencanaan yang akan menjadi acuan desain.

Secara langsung mata kita akan merasa nyaman ketika melihat sebuah penataan ruang yang apik. Kompisisi warna, ornamen, perabot dan furnishing tampak pas dan kompak. Mata kita yang melihat akan mengirim informasi ke otak dan menyimpulkan bahwa ini bagus.

Tapi sebenarnya ada sebuah konsep yang menjadikan interior sebuah ruang tampak bagus. Salah satu konsep yang sangat penting adalah proporsi.

Jika anda bisa mengerti tentang bagaimana cara kerja sebuah proporsi maka pekerjaan anda dalam mendesain interior menjadi lebih mudah.

Skill Apa Yang Diperlukan Untuk Memahami Hal Ini?

Pencapaian pemahaman tentang proporsi dan kesimbangan pada desain interior memang tidak bisa dicapai dalam satu malam. Diperlukan pengetahuan dan banyak latihan. Tapi setidaknya setiap kita memiliki mata yang bisa melihat hingga memutuskan apakah interior sebuah ruang bagus atau tidak. Penilaian kita menjadi sebuah modal awal dalam belajar mengolah desain interior. Mungkin kita belum tahu bagaimana cara membuatnya tetapi ketika kita sudah bisa memutuskan mana yang bagus dan bukan maka itu sebuah langkah awal yang bagus.

Kepekaan kita dalam memahami proporsi adalah seperti mendengarkan musik. Ketika ada sebuah nada yang sumbang dan menyimpang dari nada dasarnya maka kita akan merasa kurang nyaman. Begitu juga dengan dunia interor desain. Jika kita menilai keindahan musik melalui indera pendengaran maka kita menilai keindahan desain interior melalui indra penglihatan.

Untuk menjadi seorang musisi handal ada orang yang sudah memiliki bakat sejak awalnya dan ada pula yang melalui proses pendidikan secara formal. Begitu juga dengan interior desain. Jika sebelumnya anda sudah memiliki bakat untuk menangkap sebuah proporsi yang indah  ini sebuah awal yang bagus tapi jika tidak desain interior adalah ilmu yang bisa dipelajari.

Bagaimana Proporsi membentuk desain interior?

Proporsi dibentuk dengan formula matematika. Ada sebuah nilai perbandingan yang baku dalam menentukan proporsi. Meskipun dalam pelaksanaannya tidak terlalu kaku tetapi ini menjadi sebuah guideline yang penting dalam merumuskan sebuah desain.

Kita tentu sering mendengar istilah proporsional ketika melihat suatu bentuk atau susunan yang ideal. Ketika kita menilai seperti itu maka obyek yang sedang kita nilai telah memenuhi standart perbandingan yang benar.

Jenis proporsi yang biasanya dipakai dalam dunia desain interior adalah :

– Golden section

golden sectionGolden Section adalah bentuk sebuah persegi panjang yang sisi panjang dan lebarnya memiliki perbandingan  (a+b)/a = 0.1618.

Yang menarik dari golden section adalah jika bentuk ini dipotong dengan bujur sangkar maka akan menyisakan Golden Section yang lain.

Proporsi ini  telah digandrungi para ilmuwan dan seniman terdahulu dengan mengaplikasikannya pada karya-karya mereka. Kuil Parthenon di Yunani diindikasikan mengunakan proporsi Golden Section dalam proses pembentukannya.

Pada dunia interior desain saat ini anda bisa menggunakan proporsi Golden Section pada elemen dekoratif, permukaan dinding, jendela, dan bentukan pensegi panjang yang lain.

– Bilangan Fibonnacci

penyusunan lantai dengan bilangan FibonnacciBilangan Fibonnacci juga merupakan salah satu keajaiban dalam bidang matematika yag menjadi acuan dalam menentukan proporsi.

Pada mulanya, deretan angka ini ditemukan oleh seorang pakar Matematika dari Italia yang bernama Leonard Fibonacci.

Berikut ini adalah urutan deret Bilangan Fibonnacci :

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946…

Jika anda perhatikan maka besarnya angka tertentu dari bilangan ini adalah penjumlahan dari 2 bilangan sebelumnya. Dan yang menarik lagi dari bilangan ini, setelah urutan ke 13, hasil pembagian suatu bilangan dengan bilangan sebelumnya memiliki nilai yang mirip dengan Golden Section yaitu 0.1618.

Kita bisa menggunakan angka-angka itu pada penyusunan bidang-bidang pembentuk ruang dalam desain interior.

Aplikasi proporsi dalam desain  interior

Mungkin ini adalah hal yang baru bagi anda yang masih awam dengan desain interior. Tapi saya berharap setidaknya ini bisa memberikan sebuah pengertian bahwa ada nilai proporsi yang akan anda temukan pada sebuah desain interior yang indah.

Dalam pelaksanaan di lapangan, penggunaan proporsi Golden Section atau Fibonnacci mungkin tidak sekaku yang kita bayangkan. Bisa saja seorang desainer interior menyusun elemen pembentuk ruang dengan sistem proporsi yang lain. Saya kira itu masih sah-sah saja. Tetapi memanfaatkan sistem proporsi yang sudah teruji keindahannya tentu akan lebih memudahkan kita.